PANORAMA WISATA ALAM GOA TIANGKO MERANGIN JAMBI

Kerinci Inspirasi (Red). Provinsi Jambi kaya akan potensi wisata alam yang sangat mempesona, provinsi Jambi terhampar mulai dari ujung Jabung sampai Bumi Sakti Alam Kerinci dengan kekayaan budaya dan objek wisata yang tersebar di berbagai tempat dalam provinsi Jambi. Pada tulisan ini penulis akan menyajikan tulisan tentang objek wisata Goa Tiangko di Kabupaten Merangin, Goa tersebut merupakan wisata alam yang cukup ramai dikunjungi tiap hari terutama pada hari libur besar dan liburan sekolah.

Goa Tiangko terletak di Desa Tiangko Panjang Kecamatan Sungai Manau Kabupaten Merangin. Untuk menuju Goa ini tidaklah sulit, pengunjung dapat mengunakan mobil maupun motor untuk sampai ke lokasi Goa, bagi pengunjung yang membawa mobil bisa di parkir mobilnya di dekat rumah masyarakat dan kemudian berjalan kaki menuju goa, kalau pengunjung datang dengan mengendarai sepeda motor dapat langsung ke lokasi goa dengan menempuh jalan setapak di tepi persawahan masyarakat.
 JALAN MENUJU GOA
 PINTU GOA
TANGGA MENUJU GOA
PENULIS
Goa yang terletak didalam kawasan hutan dan mendaki Bukit Batu Bulan dengan waktu tempuh hanya beberapa menit saja dari pos jaga petugas pengelola. Goa ini merupakan goa alam yang terbentuk secara alami melalui proses alamiah sejak ratusan tahun silam dan di perkirakan pernah dijadikan tempat tinggal manusia pada masa zaman purbakala. Kesejukan udara di kawasan Goa dengan pemandangan alam yang indah membuat pengunjung merasakan kedamaian yang berbeda dari tempat lainnya.

Keindahan Goa cukup menarik untuk dinikmati, didalam Goa banyak terdapat burung wallet dan kelelawar bergelantungan, goa yang berpasir putih dengan dinding batu alam membentuk lukisan batu yang alami dan indah, suhu udara goa terasa sejuk dan lembab, pengunjung dapat menikmati pemandangan goa sambil menikmati bekal makanan yang tentunya di bawa sendiri, pengunjung dilarang merusak atau mengotori kawasan lingkungan Goa, maka jagalah kelestarian dan kebersihan alam agar keindahannya selalu terjaga.

Untuk menuju ke lokasi goa jalur yang dapat ditempuh bagi pengunjung yang datang dari luar daerah adalah melalui rute dari kota Jambi menuju ke Sarolangun, diteruskan ke ibu kota Kabupaten Merangin yaitu Kota Bangko dengan mengunakan Angkutan umum maupun kendaraan pribadi, sesampai di kota Bangko perjalan diterus ke Kecamatan Sungai Manau, pengunjung yang datang dari Sumatera Barat dapat menempuh rute Kerinci ke Sungai Manau. Selama berkunjung ke Goa Tiangko Sungai Manau pengunjung dapat menikmati makanan tradisional khas daerah yaitu Dodol Ketan yang lezat, Dodol Ketan merupakan makanan khas daerah yang populer di Sungai Manau. (Pen_DodiMustika).

BACA ARTIKEL MENARIK DIBAWAH INI………….



EmoticonEmoticon