PESONA AIR TERJUN PANCURAN RAYO KERINCI




Kerinci Inspirasi (Red). Sakti Alam Kerinci yang dikelilingi oleh perbukitan dan memiliki wisata alam yang sangat indah. Keindahan ini merupakan anugrah terindah ciptaan yang maha kuasa untuk masyarakat Kerinci serta wisatawan asing maupun lokal yang berkunjung ke daerah ini. Dari sekian banyak nya wisata alam yang terdapat di daerah Kerinci, ada satu tempat wisata alam yang sangat eksotik dan sangat menarik untuk dikunjungi terutama para pecinta alam. Tempat wisata tersebut adalah Air Terjun Pancaro Rayo.

Air terjun ini berjarak 15 KM dari pusat Kota Sungai Penuh tepatnya di Desa Pulau Tengah, Kecamatan Keliling Danau. Dengan berjalan kaki selama 2 jam setengah kita sudah bisa merasakan percikan embun di bawah pancuran setinggi 150 meter, hujan embun yang tercipta akibat ketinggiannya, serta kolam pemandian alam yang unik dan menarik.
Air Terjun Pancaro Rayo dikelilingi hutan, untuk Menikmati Air terjun Ini tidak Mudah, kita harus Berjalan kaki dari desa pulau tengah menyusuri jalan setapak melintasi perkebunan masyarakat serta hutan di kaki gunung raya, menikmati pemandangan alam yang cukup indah selama perjalanan, perjalanan agak sedikit mendaki dan berliku-liku. Air Terjun Pancaro Rayo sangat cocok bagi orang yang suka berpetualang, karena tempat ini tersembunyi di antara bukit-bukit yang ada di desa pulau tengah di kabupaten kerinci.
Bagi wisatawan yang berasal dari luar daerah Kerinci terdapat 2 (dua) rute untuk dapat samapai ke lokasi air terjun ini, yakni dari Jambi dan Padang. Apabila dari kota Jambi, para pengunjung dapat menyewa travel yang melayani jurusan Jambi ke Kota Sungai Penuh. Untuk biaya nya sendiri yakni Rp 200.000, dengan menggunakan travel yang nyaman dan on time. Waktu perjalanan yang kan ditempuh kurang lebih 8 jam perjalanan, dengan catatan perjalanan yang lancar.

Sedangkan apabila dari arah kota Padang Sumatera Barat, maka akan menempuh perjalanan yang relative lebih singkat yakni berkisar antara 6-7 jam perjalanan menggunakan jasa travel dengan rute Padang menuju Sungai Penuh. Setelah menempuh perjalanan tersebut (baik dari Jambi maupun dari Padang) pengunjung tidak lantas bisa langsung menikmati keidahan air terjun Pancaro Rayo. Karena sesampai nya di lokasi pemberhentian Travel, para pengunjung harus melanjutkan perjalanan dengan jalan kaki atau trekking untuk sampai ke lokasi. Medan yang di lalui pun tidak begitu mudah, karena para pengunjung harus melalui jalan yang terbuat dari tanah kuning atau tanah liat dengan semak-semak di kiri dan kanan jalan. Sebelum melanjutkan perjalanan, para pengunjung diwajibkan untuk membayar tiket masuk sebesar Rp.5000/orang.

                                            PENULIS

Selain harus melalui tanah dan semak, para pengunjung juga harus menyebrangi beberapa sungai. Kurang lebih 100 meter sebelum sampai ke lokasi, para pengunjung akan menemui sebuah selter dan di selter tersebut para pengunjung sudah dapat melihat dari kejauhan keidahan air terjun Pancaro Rayo. Maka setelah perjalanan panjang kurang lebih 2 jam perjalanan, maka para pengunjung sudah dapat menikmati keeksotikan air terjun Pancaro Rayo. Jadi, wisata air terjun Pancaro Roya ini sangatlah cocok bagi para wisatawan yang memang memiliki hobby berpetualang, khusus nya petualangan alam, trekking dan pedakian. (dodi_mustika.Red).


EmoticonEmoticon