BATU GONG SIGINDO BETUNG KUMUN


Kerinci Inspirasi (Red). Kumun Debai merupakan salah satu dusun Tua di daerah Kerinci Kota Sungai Penuh, tanah pusako sigindo betung kedepatian empat batu gong tanah kurnia Kumuan Sungai Panjang yang sudah dihuni sejak ribuan tahun yang lalu. Kumun debai adalah sebuah kecamatan dalam wilayah kota sungai penuh yang terdiri dari sembilan Desa dengan penduduk ± 10.000 jiwa sebagian besar berprofesi sebagai petani, PNS dan lainnya. Dalam wilayah Kumun terdapat beberapa potensi wisata alam dan sejarah yaitu Air Terjun Tigo Beradik, Batu Gong dari zaman purbakala, Bukit Kayangan, Kawasan Hutan Lindung TNKS Renah Kayu Embun, Air Terjun Melancar (Merayap). Tapi kali ini penulis mengajak para pembaca untuk mengunjungi Batu Gong Sigindo Betung Kumun.



Batu Gong Sigindo Betung Kumun merupakan batu purba yang diperkirakan berumur ribuan tahun, peningalan zaman aninisme yang mempercayai kekuatan alam ghoib seperti roh, benda keramat, pohon keramat dan lain sebagainya. Lokasi batu tersebut dipercaya sebagai lokasi awal peradaban tua di Kumun. Situs tersebut ditemukan pada tahun 1972 dan dimasukkan dalam pengawasan pemerintah melalui Balai Pelestarian Peningalan Purbakala (BP3) pada tahun 1992.

Batu Gong Sigindo Betung Kumun bergambar manusia dan Gong, keberadaan batu tersebut membuktikan bahwa sejak sebelum masuk Islam ratusan tahun lalu nenek moyang Kumun telah memiliki kepercayaan agama dan kehidupan bermasyarakat dengan adat istiadatnya sejak ribuan tahun yang lalu.

Untuk bisa sampai ke lokasi pengunjung bisa mengunakan ojek atau jalan kaki dari jalan raya Kumun. Perjalan dari pusat kota sungai penuh sampai ke lokasi ± 20 menit perjalanan. Jalur yang akan pengunjung lewati dari jalan raya ke lokasi menempuh jalan sedikit memutar dan melewati perkebunan masyarakat serta pemandangan bukit barisan Kumun yang akan menemani jalan santai anda.

Sesampai dilokasi yang disekelilingnya perkebunan masyarakat serta hamparan sawah nan indah dikaki bukit Kumun, dilokasi batu gong suasana agak sejuk serasa berada kealam masa lalu sambil menikmati situs batu Gong. Batu gong tersebut sudah sering didatangi oleh para peneliti sejarah lokal luar daerah bahkan peneliti dari luar negeri juga sering mampir ke situs batu gong.


Berkunjunglah ketempat wisata sejarah Batu Gong Kumun yang akan menjadi pengalaman petualang wisata anda terasa kembali ke masa lalu dan menambah wawasan wisata anda yang menjadi kenangan terindah hidup anda.



Bagi pengunjung yang berasal dari luar daerah dan belum pernah berkunjung, anda dapat menghubungi kami untuk memandu perjalanan anda atau sekedar nanya Infomasi. VIA. E-Mail : dodimustika191@gmail.com

Kami Tunggu Anda.....!!


EmoticonEmoticon