PERAGO ADAT KERINCI


Kerinci Inspirasi (Red). Parago Adat adalah ungkaian kata yang tersusun dengan baik berdasarkan kiasan dan ungkapan pada alam sekitarnya, disusun berdasarkan falsafah hidup alam terkembang jadi guru. Parago Adat adalah kata persembahan adat yang seharusnya digunakan dalam runding adat dan dalam kata pengantar yang dibawa atau dilakukan oleh pemangku adat. Parago adat ini berisikan maksud dan tujuan dan duduk letak orang mempunyai hajat. Ini biasa diungkapkan sebagai pembukaan, bahwa tidak seluruh orang bergelar disebutkan dalam pembukaan parago atau pidato.

Parago adat menurut adat lamo pusako usang, yang biasa digunakan dalam sistem Pemerintahan Adat di wilayah Pucuk Jambi Sembilan Lurah – Alam Kerinci (Kerinci Tinggi dan Kerinci Rendah), penyampaian sesuatu dalam kerapatan adat, kata demi kata tersusun dengan rapi penuh dengan falsafah kehidupan. Sehingga ‘parago adat’ ini biasa disampaikan oleh Ninek Mamak sesuai dengan alur gelar Depati mana dia berada. Setiap Depati di pemerintahan adat mempunyai kawan saiyo dan sakato sesuai dengan perkembangan kaum, semakin berkembang satu kaum maka akan memunculkan depati baru (kembang rekan) dari depati lama. Setiap depati pasti mempunyai Ninek Mamak sendiri yang akan menjalankan tugas sehari-hari dari para depati, sehingga yang berhak memerintah ninek mamak itu adalah atasan (depati) dari kaumnya dan tidak boleh oleh depati lain.

Pada zaman pemerintahan adat dulu, jabatan ninek mamak ini adalah masa penempahan (pemagangan) untuk nantinya dapat diangkat menjadi depati, sehingga sewaktu mereka memangku gelar depati mereka akan mengetahui pantang-larang, tugas dan fungsi mereka dalam masyarakat. Niniek Mamak inilah yang biasanya akan menyampaikan ‘parago’ adat sesuai dengan tujuan kegiatan adat, beliau inilah yang akan menjadi penyambung lidah dan pengantar kata dari kaumnya sendiri atau dari titah depati menurut alur-waris kaumnya.

Parago adat ini tergantung pada kegiatan apa yang sedang dilaksanakan, misal: parago naik rumah baru, parago menegak rumah, parago lepas cemas, parago-parago lainnya.

Contoh Parago:
Dalam kegiatan di rumah adat misalnya, sering dimulai dengan mengungkapkan betapa wilayah mereka ini diatur dengan sistem yang dianut secara turun menurun dan teratur dalam kehidupan. Artinya mereka hidup dalam masyarakat yang patuh dan taat dengan norma-norma adat yang mereka miliki. Sehinga sebagai ungkapan kepatuhan dan kesetian terhadap aturan dan norma masyarakat dan norma adat mereka junjung tinggi.
Susunan Parago:
1. Pengantar (pembukaan)
2. Isi pesan (tujuan dari pertemuan)
3. Kata penutup

Sebagai pengantar kata (parago) sering dimulai: rumah ini adalah rumah yang bapaga adat, laman yang basapu dengan undang, tepian yang paga dengan baso, di atas berbubung perak di bawah bersendi gading, dilantai nan sabintik, di bawah atap nan salepak. Tempat anak mudo bamain pantun, tempat nan tuo bamain adat.

Sering pulo diiringi atau disebut Undang tidak tagantung tinggi, Taliti tidak berbenam dalam, lanca jalan kareno ditempuh, lanca kaji karno dibaco, kecik sakti idak disebut namo, gedang batuah tidak di panggil gela, nan datang dipanggil dengan surat yang dekat diimbau dengan kato. Kayo yang para depati telah diundang dengan tudung nan balepak, tongkat babatang tali nan babuhul. Dekat tibo dipanggil sirih, jauh tibo dipanggil untung, bukit tinggi telah didaki walau tidak ditepung angin, lurah dalam sudah dituruni walau tidak diturut air, empang batang lah digabung, empang onak lah diretas, laut luweh lah direnangi, selamat sampai di rumah gedang ini. 

Kini lah duduk selarek bendul di tengah, duduk selingkung bendul tepi, sampai masuk dalam pedapuran tempat batanak, tabendung dibilik dalam bapinteh baperan tinggi. Terus kepado anak mudo cepat kaki ringan tangan, diserayo cepat pegi diimbau cepat datang, duduk ditanggo jalan turun, tegak dilaman sudut lawang. Sekalian pado yang banyak, izinkan ‘aku’ untuk mengangkat ‘sirih sanampan’ yang mewakili suku indu darah daging untuk tegak sebagai penyambung lidah pangurai kato, untuk apo kayo diundang pada hari ini ....

Tatuju kepado kayo nan banyak, karena kito hidup bamasyarakat, alam barajo, rantau bajenang, dusun ba-depati dan ba-ninek mamak, kampung batuo, balik ke dusun kito ini menurut adat lamo pusako usang, nan kuning dek jari, lah pasal dek telapak, lah kumal de sesah, lah lapuk dek pakai, basesap bejerami batunggul pamererasan, junjung mati nan dikhonyak junjung hidup dipanjat. Kepado kayo yang bagela, dalam adat ado orang Tuo Cedik Pandai, Orang Arfi Bijaksano, berhak berkato mengereh, tiduk siang bajago malam, duduk meraut ranau, tegak meninjau jarah, kok ado ranting nan kanyucuk mato, punggo bakal manimpo punggung, Dubalang nan tegak di pintu mati, disisik sampai ka tunggul disiang sampai ke plak.

Ado anak jantan anak batino, kepak khambai nenek mamak, dalam adat di sebut mengleh melingkung larek, kalo ado cemin nan lah kabur, lantak nan lah goyah, menentukan pasak dikimpal sumbing dititip, atap jatuh dipanai tiang, rayok dan dibena, ado Imam, Khotib, Bilai, Lebai, Kali, Alim dan Ulama, eko sayap ninek mamak kepak khambai kepala adat dalam syarak, menentukan halal dengan haram sah dengan batal, kelam menyuluh siang manyigi, memberi kaji dengan baco.

Di atas segalo itu ado ketuo adat, yaitu Depati ..., dalam adat orang gedang jarang basuo, tinggi tampak jauh, putih tampak malam, jalan dulu salangkah bakato dulu sepatah, tinggi seranting tebal seanjung, tumbuh karena ditanam gedang karena dilambuk, mengurung petang melepas pagi, memegang bungkal nan piawai taraju tidak palingan, memancung putus memakan habis, orang arif bijaksano, paham dikias kata bayang tahu disindir kato sampai, pandai manimbang menghukum adil, kini sirih senampan kami letakkan kepado kayo para Depati.

Kalau yang pidato itu sebagai penyambung lidah dari tuan rumah, nenek mamak atau depati, maka dalam parago dapat ditambah:

Manolah kayo para depati, kepala dusun dan sado yang ado, sirih teletak parago tibo, yo, kini ditekok kapalo nan satu, disusun jari sepuluh, dihujam kan lutut nan duo, ampun beribu kali ampun, salah kepada Allah bertabubat, salah sesamo manusio mohon maaf. Kami tegak bukan sembarang tegak, tegak sebagai penyambung lidah dari tuan rumah.. (dari kayo depati)... bak kudo pelajang bukit, bak biduk pelayangan, jadi parang parambah semak, sambung lidah pauleh jari dari ayam nan barinduk serai nan berumpun, belum sekah nan badahan..... izinkan kanti untuk menyampaikan maksud dan tujuan kayo diimbau datang.......

Kalau para pemuka adat ingin melanjutkan nasehat dapat pulo ditambah pamanis:
Kepado kayo nan banyak, denga baik-baik: kok tinggi pusako rajo, dijuluk dengan kuju sebatang, kok rendah pusako rajo disauk dengan keris nan sabilah, serto sirih nan senaman, mintak mukut diujung niru, mintak rimah diujung daun, mungkin pulo menjatuhkan diri bak senangau menyerah tandao patuh, mengaku tando salah, hingga pinggan talago darah hinggo bahu timbunan bangkai. Kepado kayo nan bagela... kusut harus diusai, keruh menentang jenih, silang menentang patuh renggang menentang padu, jawan dibawo ke lubuh dalam rantau nan panjang, nyo minta diberi suluh sigi, minta diberi kaji baco, ko kecik beri batutu, kok gedang beri babungkal, hinggo bahu dipikul hinggo kepalo dijunjung, dibuang jauh digantung suko tinggi, pucuk jalo himpunan tali, pucuk bumbung himpunan kasau, suluh bindang dalam negeri, tahu manimbang sama berat bisa menghukum dengan adil, orang arif bijaksano, tahu dikilat kato bayang paham dikias kato sampai, ikan bakilat dalam air lah tentu jantan batino, terimo dengan hati suci moko nan jernih, setelah itu sidang dapat diteruskan...

Contoh Penutup Parago :
Salah pado Tuhan banyakan taubat. Nasi nan sesuap, gulai nan satangkai, air dan seteguk, sipangkalan bersedekah kepado kito. Ateh dari pado itu kok ado mimpi nan tidak beh, kasih nan kurang, jiko mimpi nan dak beh basamo kito layikan dengan ayat patehah. Jika mimpi yang baik samo kito tampong dengan do’a selamat dan berkat saiyo itulah dapat tetap dengan belang. Kapado imam masjid kito minta membacokan do’a dan kita semua meng’aminkan. Terima kasih, wassalamualaikum wr.wb. 

Contoh Isi Parago:
Parago "Mulang Lek":
Tentang si Anu dapat kato nan seluko unding dan sesuai hendak mendirikan rumah karena orang duo laki isteri nak barelek. Tameh tatuek tempat nan rami tatanyo tempat nan banyak. Mako dipanggil suku darah daging, lah kumpul seorang lah kumbul barduo, lah kumpul baduo lah kumpul sagalo. Karena sepangkalan hendak memulangkan lek dan hendak mamulangkan karjo, kepado kito suku indu darah daging. 
Bak kato pepatah mengatokannya kecil limbek gedang limbek lapan jugo misainyo. Kecik lek gedang lek beralek jugo namonyo. Jiko nan tidak samo kito cari, nan jauh samo kito jemput. Jiko ringan samo dijinjing, jikok nan berat samo kito pikul. Jiko nan ado samo kito makan ateh dari pada itu kareno Tuhan bersifat kadim, hambo bersifat kilaf ragu kareno dek banyak, lupo kareno dek lamo, entah ado suku nan tidak dipanggil. Tentang sepangkalan kok rapat mau menyembah kok kupur mau tubat kok salah mau jugo barutang. Jangan jugo sekah nan badahan putus nan batali kareno kayo entah ado nan tidak terpanggil. Kalau lebih dengan kurang, kami mohon dimaafkan. 


Daftar Pustaka :


Prof. Dr. H. Aulia Tasman, SE. MSc. gelar depati muaro langkap Membongkar Adat Lamo Pusako Usang. – 159. jambi, 9 juni 2015.


EmoticonEmoticon