KOTA SUNGAI PENUH PUSAT EKONOMI ALAM KERINCI


PASAR KOTA SUNGAI PENUH

Kerinci Inspirasi (Red). Kota Sungai Penuh adalah salah satu kota di Provinsi Jambi, Indonesia. Kota ini dibentuk berdasarkan Undang - Undang Republik Indonesia Nomor 25 Tahun 2008 yang merupakan pemekaran dari Kabupaten Kerinci dan pengesahannya dilakukan oleh Menteri Dalam Negeri pada tanggal 8 Oktober 2009. Kota Sungaipenuh memiliki luas keseluruhan 39.150 ha, 59,2 % atau 23.177,6 ha merupakan kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat, sedangkan sekitar 40,8% atau 15.972,4 ha baru merupakan daerah efektif perkotaan.

Secara administratif pemerintah, kawasan kota ini dibagi atas 8 kecamatan yaitu Hamparan Rawang, Kumun Debai, Pesisir Bukit, Sungai Penuh, Sungai Bungkal, Tanah Kampung, Pondok Tinggi dan Koto Baru.


PASAR KOTA SUNGAI PENUH
Kota Sungai Penuh terletak di ujung barat provinsi Jambi berjarak 421 km dari kota Jambi. Untuk mencapai kota Sungai Penuh dari Jakarta bisa ditempuh dengan perjalanan udara melalui kota Jambi, Padang atau Bengkulu. Dari kota Jambi ke kota Sungai Penuh ditempuh selama sepuluh sampai dengan dua belas jam menggunakan minibus (travel). Jika dari Padang dan Bengkulu, perjalanan akan memakan waktu masing-masing selama lima dan dua belas jam. Jarak dari kota Sungai Penuh ke Bangko (KPP induk) adalah 164 km yang bisa ditempuh selama empat sampai dengan lima jam melalui perjalanan darat.

Yang unik dari kota ini adalah keberadaan Bendi atau kereta kuda yang bisa digunakan untuk mengelilingi Kota Sungai Penuh. Dalam sekali melakukan perjalanan, sado biasanya dibayar sekira Rp10-15 ribu tergantung jarak yang ditempuh.

Di sekitar Jalan R.E Martadinata, ada banyak rumah makan yang menghidangkan masakan Indonesia seperti soto, pecel, gulai dan kuliner khas Jambi seperti gulai ikan semah. Pilihan lain rumah makan Padang yang melimpah di sekitar Kota Sungai Penuh.

TUGU ADIPURA SIMPANG EMPAT
LAPANGAN MERDEKA
PASAR SUNGAI PENUH
Malam hari di Kota Sungai Penuh sangat indah jika dilihat dari ketinggian Bukit Sentiong, raihlah tempat ini ketika menjelang senja. Bila ingin wisata petualang yang menantang, Kabupaten Kerinci yang berbatasan langsung dengan Kota Sungai Penuh menawarkan wahana alam yang benar-benar menarik. Mulai dari Danau Kerinci, Gunung Kerinci, beragam air terjun hingga sumber mata air panas disuguhkan di sini.

RUMAH ADAT EMPAT JENIS
KANTOR WALI KOTA SUNGAI PENUH
SIMPANG KODIM
Pariwisata di Kota Sungai Penuh merupakan potensi yang masih sangat mungkin untuk dikembangkan di Kota Sungai Penuh beberapa Objek wisata yang dimiliki Kota Sungai Penuh yang berupa objek Wisata Alam, Objek wisata Budaya dan Objek Wisata Relegius dan berpeluang untuk dikembangkan. Potensi Wisata alam merupakan potensi yang dapat di kembangkan di Kota Sungai Penuh karena potensi di bidang ini tidak akan pernah habis di Kota Sungai Penuh karena alamnya yang elik dan kaya akan potensi alami dan lainnya potensi wisata alam ini sangat baik untuk di lirik oleh impestor dalam dan luar daerah untuk di kelola.

MESJID AGUNG
PASAR SUNGAI PENUH
JALAN DEPAN GEDUNG NASIONAL
JALAN DEPAN MESJID AGUNG
JEMBATAN KERINDUAN
JEMBATAN KERINDUAN
JALAN DEPAN PLN KOTO BENTO
Kota Sungai Penuh merupakan salah satu pusat kehidupan prasejarah dan merupakan pusat kebudayaan melayu tua sehingga banyak sekali dokumen-dokumen yang sagat penting yang perlu di gali untuk ilmu pengetahuan mengenai budaya sejarah, hal inidi buktikan dengan adanya penelitian sejarah yang di lakukan ilmuan yang berasal dari luar negri.

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

IKAN SEMAH KERINCI SEMAKIN LANGKA
BATU GONG PURBA KUMUN
     


EmoticonEmoticon