OBJEK WISATA AIR PANAS SEMURUP - KERINCI


Kerinci Inspirasi (Red). Bumi Kerinci memang menyimpan sejuta kejutan alam. Pantas apabila mendapat julukan Sekepal Tanah Surga Yang Terjatuh Di Bumi. Di tengah sejuk dan dinginnya udara, ada sebuah titik panas yang terlahir akibat aktivitas vulkanik. Titik itu berupa kolam dengan air panas yang mengeluarkan asap belerang. Warga setempat menyebutnya Air Panas Semurup. Letaknya di Desa Baru Air Hangat, Kecamatan Air Hangat, Kabupaten Kerinci

Desa Baru Air Hangat terletak 11 kilometer dari Sungaipenuh, kota yang ditempuh 8-10 jam dari Jambi. Anda bisa menggunakan mobil pribadi ataupun mobil travel untuk meraihnya. Kondisi jalan sudah baik namun mulai dari Kabupaten Bangko hingga Kota Sungai Penuh, Anda akan melewati jalan berkelok.

Air hangat adalah Kecamatan di Kabupaten Kerinci, Jambi, Indonesia Sebagaimana daerah lainnya di Kerinci, masyarakatnya mengenal sistem pembagian wilayah tradisional menjadi luhah-luhah (setingkat kelurahan), selain pembagian menjadi desa-desa yang digunakan secara resmi.

Daerah utama kecamatan Air Hangat adalah Semurup yang sekaligus merupakan ibukota kecamatan. Awalnya, Semurup berkembang dari perkampungan di pinggiran bukit yang disebut Koto Payung Semurup Tinggi, kemudian berkembang membentuk tiga luhah (tiga kelurahan). Tiga luhah arah timur sampai ke desa pendung, ke utara sampai Desa Baru Air Hangat dan ke arah selatan desa Sawahan. Semurup berada 9 km utara kota Sungai Penuh.

Kawasan wisata ini hampir setiap hari didatangi oleh wisatawan, baik lokal maupun mancanegara. Menurut penuturan masyarakat, tidak ada yang tahu pasti kapan Air Panas Semurup muncul. Menurut mereka, sumber Air Panas Semurup sudah muncul sejak ribuan tahun lalu

Di Kabupaten Kerinci sendiri air panas tidak sulit ditemui, itu karena di berbagai sudut wilayah Kerinci terdapat sumber air panas alami dari gunung api yang masih aktif, yaitu 
Gunung Kerinci.

Air Panas Semurup yang berupa kolam ini memiliki luas 15 meter persegi dengan kedalaman 5 meter. Akan tampak air berwarna kebiruan yang sangat tenang, mengeluarkan asap seraya menunjukkan suhu tinggi sekira 80 derajat celcius.

Menurut warga setempat, dahulu suhu air mencapai 100 derajat celsius. Berapa pun angka suhu, tempat tersebut tetap mengagumkan dan sangat menarik ketika membayangkan ada titik sepanas ini di dataran setinggi 800 Mdpl. 

Air belerang diketahui memiliki manfaat kesehatan, seperti mengobati penyakit kulit danreumatik. Akan tetapi, di Air Panas Semurup, Anda tidak boleh menceburkan diri begitu saja. Kolam tersebut dijaga ketat dengan pagar berduri dan pintu yang digembok. Untuk memasukinya, butuh izin petugas setempat.

Dan ada satu petuah unik dan bijak, Jangan Pernah Berniat Mengakhiri Hidup Di Air Panas Semurup. Orang yang sudah memilik niat untuk bunuh diri di air panas, akan mengalami kerasukan. Seolah - olah ada seruan gaib yang memaksa si korban untuk segera datang dan menceburkan diri.

Sumber Air Panas Semurup sempat dimanfaatkan oleh Pemerintah Hindia Belanda sebagai tempat pemandian prajurit militer. Oleh karena itu beberapa kamar mandi di kawasan ini merupakan bekas peninggalan Hindia Belanda dan hanya atapnya saja yang diperbaharui. 

Di sekitar kolam terdapat warung yang menyediakan jajanan seperti mi instan, telur, pisang dan kopi. Rupanya, pengunjung sering memanfaatkan panasnya air kolam untuk merebus pisang dan telur.


Bila tertarik untuk menikmatinya, silakan mendatangi petugas setempat dan biarkan salah seorang dari mereka membantu Anda. Ketika telur atau pisang sudah matang, Anda bisa menikmatinya di pendopo yang dibangun sekitar kolam. 


EmoticonEmoticon