PESONA WISATA DANAU KERINCI



KERINCI INSPIRASI (RED). Rasa kekaguman, kedamaian dan indahnya pemandangan danau yang airnya cukup jernih, itulah danau Kerinci yang terletak di Kabupaten Kerinci, Provinsi Jambi, Indonesia. Danau yang berada di Kabupaten Kerinci ini merupakan danau terbesar kedua di Sumatera, setalah Danau Toba. pemandangannya yang sangat indah, danau ini juga berfungsi sebagai tempat mencari ikan masyarakat sekitar danau, juga digunakan sebagai tujuan wisata bagi masyarakat Kerinci maupun wisatawan luar daerah dan Internasional serta untuk menyuplai kebutuhan air masyarakat, baik untuk pertanian, maupun kebutuhan air minum.

Danau Kerinci merupakan salah satu destinasi wisata utama di Kerinci Provinsi Jambi pemerintah daerah Kabupaten Kerinci menjadikan danau Kerinci sebagai tempat berlangsungnya Festival Masyarakat Peduli Danau Kerinci (FMPDK)yang diadakan setiap tahun. 

Festival tahunan ini sudah dimulai sejak tahun 1999. Kegiatannya adalah menampilkan berbagai macam atraksi kesenian masyarakat Kerinci seperti Tari Rangguk, pencak silat tradisonal Kerinci, tari niti mahlingai yang bernuansa mistik, lagu daerah dan seni budaya yang lainnya, selain seni budaya juga diadakan pameran hasil kerajinan khas Kerinci  sebagai suguhan untuk para wisatawan yang datang berkunjung.

Di sekitar danau Kerinci, ditemukan peningalan purbakala berupa batu berelif yang dipercaya sebagai peninggalan kuno masyarakat Kerinci yang hidup ribuan tahun lalu. Situs kuno tersebut berada di dusun Jujun Bukit Pulai, Dusun Muak dan dusun Tanjung Batu. Peningalan situs kuno tersebut menunjukan adanya peradaban melayu tua suku Kerinci. Selain situs kuno purbakala zaman aninisme wisatawan juga dapat berkunjung ke wisata budaya bernuansa religius yaitu mesjid tua pulau Tengah “Mesjid Keramat” dusun Koto Tuo Pulau Tengah.

Lokasi wisata yang dapat disingahi oleh wisatawan di danau Kerinci adalah taman wisata Tanjung Hatta 1953 di Sangarang Agung, pantai panjang Tanjung Tanah, Tanjung Pelita, pantai pasir putih Ujung Pasir dan wisatawan dapat mencari sendiri lokasi yang cocok dan bagus untuk bersantai menikmati keindahan danau Kerinci, di sekeliling danau Kerinci yang semuanya pemandangannya memiliki panorama yang tak kalah indahnya dengan tempat lain.

Bagi wisatawan yang berasal dari luar daerah dapat menempuh perjalan dengan mengunakan kendaran darat maupun udara dari Jambi dan Sumatera Barat. Berkunjunglah ke negeri puncak andalas negerinya para Sigindo Sakti Alam Kerinci Sekepal Tanah Dari Surga.

Wisatawan lokal maupun luar daerah yang berkunjung ke danau Kerinci wajib harus ikut serta memelihara kebersihan, kelestarian dan kemanan lingkungan. Mari kita lestarikan Alam nan Indah Karunia Tuhan. Salam Persaudaraan Anak Negeri…..(Red_Dodi).

BACA JUGA ARTIKEL MENARIK DI BAWAH INI….


EmoticonEmoticon