BATU SILINDRIK PENINGGALAN SEJARAH PURBAKALA KUNO SUKU KERINCI


Kerinci Inspirasi (Red). Suku kerinci adalah suatu suku yang berada dalam wilayah provinsi Jambi, masyarakat Kerinci sudah lama mendiami lembah Kerinci sejak ribuan tahun. Suku Kerinci juga meningalkan situs purbakala yang tersebar diberbagai tempat di alam Kerinci Kota Madya maupun Kabupaten Kerinci.

Diantara peninggalan situs sejarah purbakala tersebut adalah batu silindrik, batu tersebut merupakan peninggalan suku Kerinci tua pada masa masyarakat Kerinci masih menganut kepercayaan aninisme dan dinanisme ribuan tahun silam. Batu silindrik merupakan simbol pemujaan terhadap dewa-dewa, roh goib, batu silindrik tersebut ada yang berelif seperti gambar gong atau lingkaran, manusia, sulur dan ada juga yang tidak berelif.

Batu tersebut ditemukan dibeberapa lokasi seperti di Kumun, Jujun, Muak, Lolo, Lempur dan Tanjung Batu, saat penemuan awal kondisi masih utuh, namun sekarang ada beberapa situs yang mengalami kerusakan.
SITUS KUMUN

BATU BERELIF TANJUNG BATU 
BATU BERELIF TANJUNG BATU

Batu silindrik merupakan simbol pemujaan terhadap dewa-dewa dan arwah para leluhur masyarakat  kala itu, mereka percaya bahwa arwah nenek monyang mereka tinggal di tempat tertentu, menurut pendapat mereka letaknya sangat tinggi, misalnya puncak gunung, pohon tinggi. Untuk tempat turunnya arwah leluhur maka dibangunlah situs megalitik seperti batu silindrik yang umumnya dibuat dari batu utuh kemudian diberi bentuk pahatan relif sesuai dengan keinginan mereka.

Adapun peninggalan zaman batu yang tersebar di alam Kerinci adalah batu silindrik, menhir, dolmen, batu yang dibentuk seperti lesung dan punden. Situs purbakala yang ada di alam Kerinci merupakan bukti peradaban tua manusia Kerinci yang telah ada sejak ribuan tahun yang lalu. Peningalan purbakala tersebut juga berfungsi sebagai sarana penelitian, kajian sejarah untuk masa sekarang maupun masa kedepan.
SITUS JUJUN

SITUS JUJUN
SITUS LEMPUR
SITUS BATU SILINDRIK LOLO
SITUS LOLO
SITUS BATU PATAH MUAK

SITUS SILINDRIK LOLO
DOLMEN BATU RAJO PULAU TENGAH

SITUS MUAK

PENULIS

Situs – situs sejarah purbakala dapat juga di jadikan objek wiasata budaya yang merupakan warisan situs peningalan budaya masa lalu, untuk dapat dijadikan daya tarik bagi pengembangan pariwisata dalam wilayah alam Kerinci baik Kota maupun Kabupaten. Tentunya juga berdampak positif bagi ekonomi masyarakat sekitar situs tersebut. Berikut ini poto situs bersejarah purbakala hasil liputan penulis :

Peninggalan tersebut harus dijaga oleh generasi masa sekarang agar generasi masa sekarang dapat mengenal asal usul dan perkembangan kehidupan nenek monyang masa lalu. Dalam upaya menjaga dan pelestarian sangatlah penting peranan pemerintah dan masyarakat agar dilakukan pemeliharaan secara berkesinbungan.

Mari jaga peningalan sejarah nenek monyang kita dan ambil nilai-nilai positif…..salam persaudaraan (Red_dodi).

BACA JUGA ARTIKEL MENARIK DI BAWAH INI….


EmoticonEmoticon