IKAN PUYU KHAS ALAM KERINCI SEMAKIN LANGKA


Kerinci Inspirasi (Red). Ikan puyu merupakan ikan khas Kerinci setelah ikan semah, perairan air tawar Kerinci juga sangat potensial untuk pengembangan ikan tersebut. Ikan puyu ialah jenis ikan air tawar yang habitatnya di genangan air tawar yang tenang seperti danau, telaga, payau sungai, bahkan sawah-sawah dalam .

Ikan Puyu mempunyai kepala besar dan sisik keras kaku. Sisi atas tubuh gelap kehitaman agak kecoklatan atau kehijauan, sisi samping kekuningan, sisi belakang tutup insang bergerigi tajam seperti duri. Ikan puyu sudah semakin langka di Alam Kerinci, populasi ikan puyu yang masih ada adalah di danau Kerinci. Dahulu semasa zaman nenek moyang sampai pada tahun 1990 ikan puyu masih banyak dan mudah dijumpai di sungai batang merao Kerinci, disawah-sawah atau payau.

Masyarakat Kerinci mengambil ikan puyu biasanya dengan cara memancing, memasang lukah, jala. Pada tahun 80-an ikan puyu merupakan menu favorit masyarakat Kerinci, karena ikan puyu pada masa tersebut mudah didapat dari sungai, rawa dan danau Kerinci. Ikan puyu merupakan ikan lokal air tawar yang mempunyai nilai ekonomis tinggi dan digemari oleh masyarakat  Ikan ini memangsa aneka serangga dan hewan-hewan air yang berukuran kecil. puyu jarang dipelihara orang, dan lebih sering ditangkap sebagai ikan liar.

Populasi ikan puyu sudah semakin langka dikarenakan lahan habitat hidupnya sudah semakin sempit akibat dari laju petumbuhan pola hidup masyarakat. Dimana lahan yang dulu tempat hidup ikan puyu sudah berubah menjadi tempat berbagai macam bangunan modern serta pengerukkan sungai, yang akan mengakibatkan tempat berkembang biakkan ikan puyu tergangu.

Kurangnya usaha untuk membudidaya ikan puyu oleh masyarakat merupakan salah satu sebab langkanya ikan tersebut, pemerintah daerah telah berusaha menabur bibit benih ikan puyu didanau Kerinci sebagai upaya meningkatkan kuantitas ikan di Danau Kerinci yang nantinya diharapkan mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Terutama para nelayan yang selama ini menggantungkan hidup mereka dari hasil tangkapan ikan.

Untuk menambah nilai ekonomi bagi masyarakat Alam Kerinci khususnya yang bertempat tingal sepanjang sungai Batang Merao, Batang Merangin dan Danau Kerinci masyarakat diharapkan dapat membudidayakan ikan puyu. Ikan puyu juga bisa dibuat atau diolah menjadi menu makanan yang lezat untuk menu keluarga maupun untuk dijual kepada masyarakat dan kepada wisatawan yang berkunjung ke Kerinci sebagai ole-ole khas Kerinci. (dodi.red).


EmoticonEmoticon