INSPIRASI DARI BOB SADINO


Pengusaha senior Bob Sadino wafat pada Senin, 19 Januari 2015. Semasa hidupnya, Bob dikenal sebagai sosok yang unik. Salah satu ciri uniknya adalah bercelana pendek. Bob selalu mengenakan celana pendek dalam berbagai kesempatan.

Bob adalah guru terbaik yang mengajarkan soal kehidupan, tidak cuma tentang bisnis. Gayanya yang nyentrik juga menjadi ciri khas Bob Sadino. Pola pikir unik di luar pakem teori maupun buku teks ekonomi menjadikan pengusaha kawakan ini dikenal sebagai entreprenuer sejati.

Namun, sejumlah statementnya tak luput dari perdebatan hingga menyebabkan kontroversi. Bahkan menyebabkan beberapa mahasiswa akhirnya keluar dan berhenti dari bangku kuliah.

Pebisnis dengan nama lengkap Bambang Mustari Sadino tersebut mewarisi dan memberi inspirasi hebat bagi banyak kalangan. Pemikiran beken Bob Sadino dikenal dengan nama 'GoBlog Management'. Ajaran "menyesatkan" dan pernyataan "goblok" Bob begitu dikenal luas.


Pernyataan Bob Sadino yang menyesatkan Mahasiswa

"Kuliah itu hanya memasukkan ‘sampah’ ke kepala Anda"

Pernyataan Bob ini dilontarkan disebuah seminar disebuah perguruan tinggi yang dihadiri ratusan mahasiswa. Bagi setiap orang yang masih kuliah mendengar statement Bob ini pasti protes, tidak terkecuali peserta seminar yang notabene masih kuliah. Mereka merasa apa yang dilakukan setiap hari berarti memasukkan sampah ke kepala mereka.

Pernyataan Bob ada benarnya, karena memang apa yang dipelajari di bangku kuliah banyak yang tidak dipakai di kemudian hari. Saat mempelajari sesuatu di bangku kuliah sementara apa yang dipelajari itu tidak dipakai maka apa yang dipelajari itu menjadi sampah bagi otak mahasiswa.

"IPK diatas 3 koma tandanya, calon Karyawan"

Sangat masuk akal. Jika kuliah kok IPK-nya diatas 3, itu tandanya calon karyawan. Kecenderungan mahasiswa yang memiliki IPK bagus biasanya memiliki idealisme tinggi, mengaplikasikan ilmunya. Mereka tidak lain adalah melamar pekerjaan di perusahaan dan menjadi karyawan.

Apa ada mahasiswa yang IPK diatas 3, kemudian memilih berbisnis? Ada, tapi sangat sedikit.

Itulah mengapa bob sadino justru mengajarkan, kalau mau sukses bisnis IPK harus jeblok. Karena dengan demikian tidak memiliki pilihan lain selain berwirausaha. 

Sebab itu Bob selalu mengatakan di setiap seminarnya, "Jika mau sukses, jangan mau jadi karyawan".

"Kuliah itu Goblok, Siapa yang hadir di seminar ini, Besok jangan masuk kuliah"

Masih di seminar dikota yang sama, Bob secara terang-terangan menyampaikan jika "kuliah itu kegiatan goblok, besok jangan masuk kuliah"

Sangat frontal memang, menyampaikan statement seperti itu didepan ratusan mahasiswa dan akademisi. Tentu saja banyak peserta yang kemudian heboh, maklum sebagian peserta seminar itu adalah anak muda yang polos, lugu, dan baru semangatnya mencari jatidiri.

Maksud pernyataan Bob, sebenarnya masuk akal. Namun bagi sebagian orang ini justru menyesatkan. Jika Anda pada akhirnya mencapai karir sebagai pebisnis restoran, padahal anda kuliah di fakultas teknik, terus apa gunanya yang anda pelajari di bangku kuliah? ini istilah yang tepat adalah "goblok" versi Bob Sadino.

"Kalau mau sukses, Bisnis sayuran"

Wajar saja, sebab Bob memang pengusaha sayuran. Bob Sadino membawahi PT Kemchick dan Kemfood dengan bisnis utamanya pertanian, makanan olahan hasil pertanian, dan peternakan. 

Hal ini menunjukkan Bob konsisten dengan apa yang diucapkan. Dia mengajarkan apa yang dia lakukan, menunjukkan apa yang sudah dilalui – jadi tidak asal bunyi.

"Bisnis hanya modal dengkul, jika Anda tidak punya, Pinjam orang dengkul lain"

"Mau gak kira-kira kalo dengkulnya dibeli 500 juta? tidak mau kan, berarti Anda punya modal 1 miliar dengan 2 dengkul Anda," ujar Bob.

Begitulah karakter Bob yang ‘menyesatkan’ bagi sebagian orang yang hanya menangkap apa yang diucapkan tapi bukan apa yang ingin disampaikan, beruntung bagi orang yang "disesatkannya" kejalan kebaikan kemudian menjadi entrepreneur dan sukses. Jika gagal, maka wajib menghabiskan kegagalan itu hingga hanya berhasil yang bersisa.

"Banyak orang bilang saya gila, hingga akhirnya mereka dapat melihat kesuksesan saya karena hasil kegilaan saya"


Kalau mau jago teori, belajarlah di sekolah. Kalau mau jago praktek, belajarlah di lapangan.

"GOBLOK" versi Bob Sadino

"Orang goblok itu nggak banyak mikir, yang penting terus melangkah. Orang pintar kebanyakan mikir, akibatnya tidak pernah melangkah"

"Setiap bertemu dengan orang baru, saya selalu mengosongkan gelas saya terlebih dahulu"

"Saya sudah menggoblokkan diri sendiri terlebih dahulu sebelum menggoblokkan orang lain"


"Orang pintar kebanyakan ide dan akhirnnya tidak ada satu pun yang jadi kenyataan. Orang goblok cuma punya satu ide dan itu jadi kenyataan"

"Saya bisnis cari rugi, sehingga jika rugi saya tetap semangat dan jika untung maka bertambahlah syukur saya"

"Sekolah terbaik adalah sekolah jalanan, yaitu sekolah yang memberikan kebebasan kepada muridnya supaya kreatif"

"Orang goblok sulit dapat kerja akhirnya buka usaha sendiri. Saat bisnisnya berkembang, orang goblok mempekerjakan orang pintar"

"Orang pintar belajar keras untuk melamar pekerjaan. Orang goblok itu berjuang keras untuk sukses bisa bisa bayar pelamar kerja".

"Orang pintar mikir ribuan mil, jadi terasa berat. Saya nggak pernah mikir karena cuma melangkah saja. Ngapain mikir, kan cuma selangkah"

"Orang pintar maunya cepat berhasil, padahal semua orang tahu itu impossible! Orang goblok cuma punya satu harapan, yaitu hari ini bisa makan"

Suatu ketika, ada seorang peserta seminar yang bertanya. 

“Bisnis apakah yang prospektif om Bob?”, dia menjawab “Bisnis yang prospektif adalah bisnis yang ‘dibuka’ bukan ditanyakan terus”. 

Lalu, ketika ditanya, “Berapa kekayaan om Bob saat ini?,” dengan santai Bob menjawab, “Tidak tahu, yang jelas banyak, saya saja gak pernah ngitung.”

9 Prinsip Gila Bob Sadino

1.  Saat orang Ribut Dengan Target yang Dicanangkan, Bagi Bob Sadino Perjalanan Menuju Sukses Justru Tidak Perlu Memiliki Tujuan “Dengan adanya tujuan, maka seseorang hanya tertuju pada satu titik yang namanya tujuan. Dia tidak akan berusaha untuk mendapatkan hasil yang melebihi titik tersebut. Padahal potensi setiap orang sangat mungkin melewati titik tersebut. Jadi sayang dong kemampuan saya, bila harus dipaku oleh tujuan.”

2. Rencana Adalah Bencana Bagi Bob Sadino. Dalam Bisnis Oom Bob Selalu Menekankan Prinsip “Mengalir Saja” “Rencana itu cuma berlaku buat mereka yang belajar manajemen. Dari A, B, C, D, sampai Z. Padahal dalam bisnis tidak ada yang seperti itu, bisnis tidak mungkin lurus dan runut saja. Tapi sayangnya di sekolah kita sudah terlalu sering diajarkan bikin rencana. Padahal rencana itu racun, bencana!”

3.   Walau Terlahir Sebagai Orang Berada Bob Tidak Mau Berleha-leha. Jadi Kuli Bangunan, Supir Mobil Sewaan, Sampai Pedagang Telur Pernah Dilakoninya.

4.  Jangan Pernah Cari Untung dan Keberhasilan Dalam Bisnis. Kalau Mau Berhasil Justru Kamu Harus Mencari Kegagalan dan Kerugian! “Orang sudah terlalu terbiasa berpikir secara linier. Kalau mau usaha, pasti mencari untung; mencari berhasil. Padahal dalam usaha itu ya pasti ada rugi dan gagal toh? Bagi kamu yang mau berhasil, justru cari kegagalan sebanyak-banyaknya. Sebab keberhasilan itu hanyalah sebuah titik di puncak gunung kegagalan.”

5.   Kalau Mau Usaha Itu Ya Lakukan Saja. Urusan Hitung-hitungan Tak Usah Dipikirkan“Kelemahan banyak orang adalah terlalu banyak mikir membuat rencana sehingga ia tidak segera melangkah. Padahal yang penting adalah action!”. “Kalau kita mencari untung duluan, usaha belum tentu dilakukan karena takut rugi. Tapi kalau mencari rugi, usaha pasti dilakukan karena gatakut untung.”

6. Kuliah Hanya Akan Mengajarkanmu Untuk Tahu. Tapi Bagi Bob Jalanan yang Mengajarkannya Untuk Bisa Jadi Perasa. “Kalau mahasiswa IPK nya sudah 3 koma itu alamat jadi karyawan saja lah. Kalau mau jadi pengusaha, IPK jeblok saja. Karena dengan begitu mau tak mau kamu akan ditolak perusahaan dan terpaksa membuka usaha sendiri.”

7. Kemfood dan Kemchick Adalah Bukti Kecerdikan Bob Melirik Peluang Usaha. Menciptakan Pasar Sendiri Adalah Cara Terampuh Untuk Berhasil Sebagai Wirasusaha. Tindakan yang dianggap “gila” oleh kebanyakan orang ini sebenarnya merupakan sebuah langkah yang cerdik”. Karena kegigihan dan pelayanan primanya, perlahan bisnis Bob pun berkembang pesat. Kini Kemfood dan Kemchick telah punya nama besar di antara pelanggan setianya. 

8. Walau Sudah Berhasil Bob Selalu Menekankan Pada Calon Pengusaha Untuk Jadi Dirinya Sendiri. Jangan Pernah Jadi Mesin Fotokopi, Sesukses Apapun Orang yang Ingin Kamu Fotokopi. “Saya tidak pernah mau membagikan kunci sukses saya. Karena sekali lagi, semua itu ya mengalir saja. Lagipula kalau orang meniru saya, apa bedanya mereka dengan mesin fotokopi? Hina sekali jadi fotokopinya Bob Sadino. Kalau ada orang yang bertanya pada saya, saya bilang, “Ya jalankan saja. Alami saja pengalaman yang Anda alami.”

9.  Sampai Akhir Nafasnya Bob Sadino Tetap Hidup Sederhana Sebagai Manusia. Ia Tak Pernah Merasa Lebih Dari Orang-Orang di Sekitarnya. “Saya hanya penganggur. Tapi saya bisa ekspor ribuan ton ke Jepang. Saya punya kemchick sebagai supermarket, kemfood untuk daging olah dan saya punya 1.600 orang yang bekerja di perusahaan saya. Mau ngapain lagi saya? Jadi saya nganggur.”






EmoticonEmoticon