AIR TERJUN TIGO BERADIK KUMUN



Kerinci Inspirasi (Red). Kumun Debai merupakan salah satu dusun Tua di daerah Kerinci Kota Sungai Penuh, tanah pusako sigindo betung kedepatian empat batu gong tanah kurnia Kumuan Sungai Panjang yang sudah dihuni sejak ribuan tahun yang lalu. Kumun debai adalah sebuah kecamatan dalam wilayah kota sungai penuh yang terdiri dari sembilan Desa dengan penduduk ± 10.000 jiwa sebagian besar berprofesi sebagai petani, PNS dan lainnya. Dalam wilayah Kumun terdapat beberapa potensi wisata alam dan sejarah yaitu Air Terjun Tigo Beradik, Batu Gong dari zaman purbakala, Bukit Kayangan, Kawasan Hutan Lindung TNKS Renah Kayu Embun, Air Terjun Melancar (Merayap). Tapi kali ini penulis mengajak para pembaca untuk mengunjungi Air Terjun Tigo Beradik Kumun.

Air Terjun Tigo Beradik terdiri dari tiga tingkat yaitu :
1.   Tingkat pertama Telun Bungsu
2.   Tingkat Kedua Telun Menengah
3.   Tingkat ke Tiga Telun Tuo

Air terjun ini terletak di desa Kumun yang terletak tidak jauh dari terminal lama Kumun. Terdapat Tiga Air Terjun di sana, perjalanan sekitar lebih kurang 10 menit dengan kendaraan dari pusat Kota Sungai Penuh menuju air terjun ini, dan sekitar 20 menit untuk sampai dilokasi air terjun. Untuk sampai dilokasi air terjun jalur yang ditempuh ada dua jalur yaitu melewati sisi selatan air terjun dengan menempuh jalan setapak disisi perbukitan jalannya agak sedikit terjal dan mendaki pengunjung bisa jalan dengan santai sambil menikmati panorama alam perbukitan Kumun yang sejuk.

Jalur kedua pengunjung bisa melewati bagian barat perbukitan yang jalannya agak mendaki dan sedikit memutar, pada jalur sisi barat perbukitan menuju air terjun Tigo Beradik pengunjung dapat menyaksikan pemandangan keindahan alam Kerinci dari perbukitan Kumun, melewati jalur bagian barat pengunjung tidak bisa menikmati air terjun yang tingkat pertama dan kedua karena jalur disisi barat air terjun langsung menuju ke Telun Tuo (air terjun tua).



Untuk menikmati pesona Telun Tigo Beradik Kumun sebaiknya pengunjung melewati jalur sisi selatan karena dijalur tersebut melewati langsung ketiga tingkatan air terjun. Pengunjung dapat istirahat di telun Bungsu sambil berpoto dan menikmati pemandangan alam perbukitan Kumun nan sejuk, setelah melepas lelah dan menikmati pesona telun Bungsu pengunjung dapat melanjutkan perjalan ke telun Menengah dengan perjalanan yang sedikit mendaki, pada telun Menengah ini pemandangan air terjunnya tak kalah indahnya dengan air terjun yang tingkat pertama, pengunjung dapat merasa sensasi kesejukkan air terjun ini dan pesona alam hutan yang masih alami, disini sangat cocok sekali untuk tempat berpoto dan bermeditasi sambil menikmati keheningan keindahan alam yang penuh misteri.



Setelah puas menikmati pesona air terjun tingkat kedua, pengunjung dapat langsung melanjutkan perjalanan menuju Telun Tuo pada tingkat yang ke tiga dengan perjalanan menyusuri jalan setapak yang agak sedikit terjal karena jalur ini melewati sisi sungai. Setelah sampai pada tingkat ke tiga atau Telun Tuo pengunjung kembali disuguhkan pemandangan alam liar yang masih alami dengan suara rintik-rintik air terjun yang membuat hati terasa damai, pengunjung dapat mandi untuk menyegarkan badan setelah menempuh perjalan yang sedikit melelahkan, rintik-rintik air terjun yang turun dari atas ketinggian batu dapat juga mejadi sarana terapi akupuntur alam alami yang dapat menghilangkan rasa penat badan, stres dan memperlanjarkan darah. Setelah anda selesai mandi dan terapi akunpuntur alam dari air terjun Kumun pengunjung akan merasa kesegaran alami yang terasa unik yang membuat rasa lelah hilang.



Di air terjun Tigo Beradik Kumun sering juga digunakan sebagai tempat olah raga panjat tebing oleh pencinta olah raga panjat tebing Kota Sungai Penuh, Kerinci pada umumnya dan juga ada yang datang dari luar daerah. Dilokasi air terjun Kumun ini lokasi untuk olah raga panjat tebing sangatlah cocok terutama bagi para pemula karena medan yang dilalui tidaklah terlalu sulit. Selain panjat tebing lokasi air terjun kumun sangat cocok untuk kegiatan lintas alam seperti kegiatan pramuka.



Telun Tigo Beradik Kumun merupakan tempat wisata alam yang berada di Kecamatan Kumun Debai Kota Sungai Penuh adalah Air terjun purba yang sudah ada sejak ratusan tahun yang lalu, air terjun tersebut sudah digunakan oleh Raja melayu Jambi untuk beristirahat mandi ketika berkunjung ke Kerinci, Raja Tumenggung Kabul di Bukit ketika melewati dusun Kumun mencari tempat mandi dan beristirahat untuk sholat, beliau kemudian menanyakan kepada masyarakat dimana ada tempat mandi, kemudian diberitahu oleh masyarakat yang ditemui oleh rombongan raja Jambi, lalu masyarakat memberi tahu tempat mandi di kaki bukit Kumun, rombongan raja langsung menuju ke Air Terjun Tigo Beradik dan mandi disana. Untuk mengenang perjalan raja jambi tersebut Dusun Kumun bagian Barat yang dilalui oleh Raja Melayu Jambi tersebut kemudian oleh masyarakat menamakan dusun Jalan Raja Kumun sampai sekarang.



Untuk lebih memperkenal potensi wisata air terjun Tigo Beradik ini sangat diperlukan peranan masyarakat untuk memperkenalkan ke masyarakat luar serta, peran masyarakat untuk melestarikan tempat wisata tersebut. Peran pemerintah daerah sangatlah penting untuk ikut mengelola potensi wisata tersebut, seperti belum memadainya sarana jalan yang masih jalan kurang bagus serta belum adanya bangunan pendukung lainnya seperti untuk tempat peristirahatan para pengunjung.



Berkunjunglah ketempat wisata Telun Tigo Beradik Kumun yang menjadi pengalaman petualang wisata anda terasa unik dan menambah wawasan wisata anda yang menjadi kenangan terindah hidup anda.

1 komentar:


EmoticonEmoticon