WISATA AIR TERJUN TELUN BERASAP KERINCI

Kerinci Inspirasi (Red). Air Terjun Telun Berasap merupakan salah satu objek wisata alam yang berada didaerah Kabupaten Kerinci Provinsi Jambi dengan ketinggian kurang lebih 50 Meter. Sumber  Air Terjun Telun Berasap adalah berasal dari sungai-sungai disekitar Gunung Tujuh, dan sumber utama airnya adalah Air Danau Gunung Tujuh, yaitu air yang mengalir dari Danau Gunung Tujuh yang terdapat di puncak Gunung Tujuh Kabupaten Kerinci.

Keindahan air terjun telun berasap menjadi tempat wisata bagi masyarakat Kerinci bahkan wisatawan luar daerah dan luar negeri pun banyak berkunjung ke objek wisata air terjun telun berasap, terutama pada hari – hari besar seperti idul fitri, hari kemerdekaan Indonesia dan hari lainnya. Air terjun telun berasap memiliki ciri khas tersendiri yaitu air yang jatuh dari ketinggian tebing membuat kabut seperti asap, di karenakan debit airnya yang cukup deras dan banyak. Pemandangan yang unik ini membuat para wisatawan tidak bosan untuk menikmati keindahan air terjun telun berasap. Sesekali bila ada sinar matahari, kabut dari uap air ini akan menciptakan pelangi di sekitar air terjun, pelangi tersebut membuat keindahan yang sangat menarik.

Di balik derasnya air terjun terdapat sebuah Goa, Goa tersebut belum dimasuki orang karena sulitnya untuk masuk kedalam dikarena terhalang oleh derasnya air serta posisi Goa yang terletak di tengah jurang tebing batu yang tinggi. Untuk menikmati air terjun telun berasap pengunjung dapat menikmati dari pondok yang ada di tepi tebing air terjun, pengunjung juga dapat melihat dari tangga – tangga taman yang ada disekitar air terjun, air terjun juga membuat suara yang bergemuruh.

Disekitar air terjun terdapat tangga – tangga untuk dapat mendekati air terjun, disamping kiri kanan tangga terdapat tumbuhan bunga - bunga dan pohon – pohon besar dan kecil menambah keindahan alam air terjun telun berasap. Untuk menikmati pemandangan sambil beristirahat pengunjung dapat bersantai di pondok – pondok yang  ada di sekitar telun berasap, sambil melepas lelah dan menikmati makanan ringan yang dapat pengunjung beli di sekitar jalan masuk telun berasap.
TEMPAT ISTIRAHAT
TANGGA MENUJU AIR TERJUN
PENULIS
Air Terjun Telun Berasap dapat dicapai melalui jalur darat yang dapat dimulai dari Kota Jambi atau pun dari Kota Padang. Ada tiga alternatif yang dapat dipilih pengujung untuk bisa sampai ke Air Terjun Telun Berasap yaitu pertama perjalanan di mulai dari Kota Jambi ke Sungai Penuh dengan jarak sekitar 500 km dan waktunya tempuhnya sekitar 10 jam. Kedua perjalanan bisa di mulai dari Kota Padang ke Tapan kemudian dilanjutkan ke Sungai Penuh dengan jarak tempuh 278 km dan waktu perjalanan ditempuh kira-kira dengan waktu 7 jam. Ketiga perjalanan dimulai dari Kota Padang Ke Muaralabuh kemudian perjalanan dilanjutkan ke Kersik Tuo dengan jarak 211 km dan dapat dicapai dengan waktu sekitar 5-6 jam. Setelah mencapai pintu kawasan objek wisata dilanjutkan dengan berjalan kaki menyelusuri jalan tangga semen yang menurun.

Selama berkunjung ke objek wisata air terjun telun berasap pengunjung diharapkan untuk menjaga kelestarian alam dan kebersihan, pengunjung agar tidak sembarangan membuang sampah serta merusak tumbuhan yang ada di sekitar objek wisata Air Terjun Telun Berasap.


Mari Jaga dan Rawatlah Alam Kita Serta Cintai Alam nan Indah Ciptaan Tuhan yang Maha Mulia………! (Red_Dodi).


EmoticonEmoticon